Kebijakan Privasi

Telah diperbarui: 27/5/2024

Pendahuluan

Kami menggunakan Pemberitahuan Privasi ini untuk mengungkapkan praktik privasi untuk Institut Teknologi Bandung (ITB) sesuai dengan peraturan terkait, yaitu Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Kami bertujuan untuk membantu Anda dalam memahami Data Pribadi apa yang Kami kumpulkan, bagaimana Kami menggunakannya, dan kontrol apa yang Anda miliki atas data tersebut. Pemberitahuan ini hanya berlaku untuk data yang dikumpulkan oleh www.itb.ac.id dan seluruh subdomainnya. Pemberitahuan ini akan menentukan hal-hal berikut:

  • Kami menggunakan Pemberitahuan Privasi ini untuk mengungkapkan praktik privasi untuk Institut Teknologi Bandung (ITB) sesuai dengan peraturan terkait, yaitu Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Kami bertujuan untuk membantu Anda dalam memahami Data Pribadi apa yang Kami kumpulkan, bagaimana Kami menggunakannya, dan kontrol apa yang Anda miliki atas data tersebut. Pemberitahuan ini hanya berlaku untuk data yang dikumpulkan oleh www.itb.ac.id dan seluruh subdomainnya. Pemberitahuan ini akan menentukan hal-hal berikut:

Harap baca Pemberitahuan Privasi berikut untuk memahami pemrosesan, pelindungan, dan hak Anda terkait dengan Data Pribadi Anda.

Tentang Kami

Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah perguruan tinggi negeri berbadan hukum yang berada di Kota Bandung, Republik Indonesia. Misi ITB adalah menjadi perguruan tinggi yang unggul, bermartabat, mandiri, dan diakui dunia serta memandu perubahan yang mampu meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dan dunia. Untuk mencapai misi tersebut, Kami mengumpulkan dan menggunakan Data Pribadi yang Anda berikan. Untuk tujuan pemberitahuan ini, Kami bertindak sebagai “Pengendali Data”. Kami berperan sebagai pihak yang akan menentukan bagaimana Data Pribadi Anda digunakan dan diproses.

Kami telah menunjuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumen (PPID) untuk membantu dengan persyaratan, permintaan, dan keluhan terkait Pemberitahuan Privasi dan pengumpulan serta Pemrosesan Data Pribadi Anda. Untuk detail tentang bagaimana menghubungi kami, lihat bagian Informasi Kontak di akhir pemberitahuan ini.

Data Yang Dikumpulkan

Kami mengumpulkan informasi pribadi Anda ketika Anda secara sukarela memberikannya kepada kami, seperti saat Anda:

  • Membuat akun pengguna
  • Mendaftar untuk kursus atau acara
  • Mengirimkan email kepada kami

Informasi pribadi yang kami kumpulkan mungkin termasuk nama, alamat email, alamat pos, nomor telepon, dan informasi demografis lainnya. Kami juga dapat mengumpulkan informasi tentang aktivitas Anda di website akademik ITB, seperti halaman yang Anda kunjungi dan waktu yang Anda habiskan di setiap halaman.

Penggunaan Data

Data Pribadi Anda dapat digunakan untuk tujuan berikut:

  • Kustomisasi konten dan pengalaman pengguna
  • Memproses identitas Anda saat Anda menggunakan situs berdomain www.itb.ac.id
  • Pengaturan dan administrasi akun
  • Melakukan polling dan survei
  • Penelitian dan pengembangan internal
  • Kewajiban administrasi dan hukum
  • Audit internal
  • Proses rekrutmen
  • Pemenuhan kewajiban yang digariskan dalam setiap perjanjian dengan pengguna
  • Pemenuhan kewajiban untuk kegiatan penunjang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat
  • Mengumpulkan umpan balik dan pendapat tentang layanan yang Kami sediakan
  • Pemberitahuan kepada pengguna tentang perubahan layanan
  • Menanggapi permintaan dan komentar Anda

Dasar Hukum Pemrosesan

Kami memproses Data Pribadi untuk tujuan sebagai berikut:

  • Tujuan kepentingan yang sah, yakni memproses Data Pribadi untuk tujuan kepentingan Kami sendiri asalkan kepentingan tersebut tidak mengesampingkan kepentingan, hak, dan kebebasan pemilik data. Kepentingan ini termasuk pemrosesan untuk tujuan penelitian, pembelajaran, dan pengembangan bisnis.
  • Kepentingan umum, yakni memproses Data Pribadi untuk kepentingan pemerintah setempat. Kepentingan ini adalah kepentingan yang berkaitan dengan sensus dan administrasi yang akan dilaporkan ke pemerintah.
  • Kepentingan vital, yakni pemrosesan yang dilakukan karena berkaitan dengan kebutuhan akan kesehatan untuk bertahan hidup. Kepentingan ini berkaitan dengan Pemrosesan Data untuk administrasi kesehatan.
  • Kontrak, yakni pemrosesan yang dilakukan berdasarkan kontrak. Kontrak yang dimaksud adalah seperti kontrak pegawai, kontrak peneliti, dan sebagainya. Subjek Data harus menjadi bagian dari kontrak agar pemrosesan ini dapat dilaksanakan.
  • Persetujuan, yakni pemrosesan yang dilakukan setelah mendapatkan izin atau Persetujuan untuk memproses data untuk tujuan tertentu. Sehingga dibutuhkan dokumentasi dan bukti pemrosesan karena termasuk pada Persetujuan yang telah dikumpulkan secara tertulis. Untuk Pemrosesan Data berdasarkan Persetujuan, Anda memiliki hak untuk menarik Persetujuan pemrosesan untuk tujuan tertentu, dengan mengisi formulir pengajuan keberatan di halaman https://ppid.itb.ac.id/keberatan.

Pengaksesan Data Spesifik

Untuk dapat mengakses situs sepenuhnya, Anda dapat mengakses menggunakan akun INA yang dapat dimiliki oleh mahasiswa, staf/dosen yang memiliki NIP, staf/dosen/peneliti yang tidak memiliki NIP, dan tamu. Untuk melakukan registrasi akun INA, kunjungi https://dti.itb.ac.id/layanan-akun-ina. Data tertentu akan dikumpulkan selama proses ini, termasuk nama dan alamat email Anda. Data ini digunakan untuk menghubungi Anda, menyarankan Informasi yang sesuai, dan meningkatkan pengalaman pengguna Anda.Untuk keperluan administrasi ke kementerian terkait yakni Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, sebagai pengguna atau tamu terdaftar, Data Pribadi Anda akan diberikan berupa nama, jabatan, program studi, NIM/NIP, dan mata kuliah yang diambil/diampu.

Data Pribadi dapat digunakan tanpa sepengetahuan atau Persetujuan dalam situasi ketika diwajibkan atau diizinkan secara hukum, atau ketika Data Pribadi telah dianonimkan atau disamarkan sehingga tidak lagi dikaitkan dengan Subjek Data. Hal ini menyatakan bahwa Kami telah menghapus Informasi pengenal pribadi sehingga data yang Kami berikan tidak dapat dikaitkan kembali dengan Anda sebagai individu.

Perlindungan Data

Mengamankan data Anda adalah prioritas bagi Kami, baik saat dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring). Kami telah menerapkan pengamanan yang tepat untuk mencegah Data Pribadi hilang, disalahgunakan, diakses, diubah, atau diungkapkan oleh pihak yang tidak berwenang. Kami mengumpulkan Data Pribadi Anda saat melakukan aktivitas di seluruh situs milik ITB. Data ini dienkripsi dan diamankan selama transmisinya. Akses web yang aman dapat diverifikasi dengan ikon kunci di bilah alamat browser internet Anda dan dengan menggunakan “https” di awal alamat web, di mana “s” menunjukkan koneksi yang aman.

Pegawai dan pihak ketiga hanya diberikan Data Pribadi berdasarkan kebutuhan untuk mengetahui dengan jumlah minimum yang mereka perlukan untuk menyelesaikan pekerjaan spesifik mereka. Semua pegawai juga tunduk pada perjanjian kerahasiaan dan menjalani pelatihan tahunan tentang penanganan data sensitif yang benar.

Prosedur telah dikembangkan dan diuji untuk menangani potensi pelanggaran data. Prosedur ini dirancang untuk memastikan individu dan regulator yang terkena dampak diberitahu tentang pelanggaran dan kerusakan dapat diminimalkan.